selamat datang

selamat datang dan selamat menikmati

Selasa, 29 April 2014

peran penggunaan teknologi informasi di segala sektor

Peran Penggunaan Teknologi Informasi 

di Segala Sektor


Pembahasan


1. Pertanian             Di bidang pertanian, saat ini penggunaan Teknologi Informasi pada bidang ini dimanfaatkan oleh Departemen Pertanian sebagai sarana untuk menyebarkan informasi ke seluruh petani di Indonesia. Departemen Pertanian juga menyediakan situs yang memuat segala berita dan informasi yang dibutuhkan oleh para petani di Indonesia. Informasi tersebut berisi tentang teknologi pertanian yang tepat guna, kiat bertani di lahan kering, pemakaian pupuk yang tepat, dan tenaman yang laku di pasaran.
            Seperti saat ini yang terjadi di indonesia, banyak petani yang dihadapkan dengan banyak kendala, mulai dari musim, wabah penyakit, hama, bibit, pupuk, bahkan bencana alam. Bahkan para petani pun dapat mencari informasi tentang harga alat pertanian yang dibutuhkan, dan masih banyak lagi informasi yang dapat di eksplorasi oleh para petani. 
2. Perdagangan

            Dalam dunia perdagangan,  teknologi informasi telah banyak digunakan oleh para  diseluruh dunia. Banyak media iklan-iklan yang terpasang pada website umum, pribadi, bahkan pada website pemerintahan sekaligus. Isi iklan tersebut ialah penawaran barang ataupun jasa. Sekarang telah banyak para konsumen telah membeli barang atau menyewa jasa melalui internet yang biasa disebut online shopping. Namun online shop pun tidak terlepas lepas dari kejahatan penipuan dan hal-hal lain yang dapat merugikan konsumen. Adapun situs/website jual beli online yang banyak ditawrkan oleh pengguna internet seperti www.tokobagus.com, www.berniaga.com, bukalapak.com, blibli.com, dan masih banyak lagi situs jual beli online yang tersedia sebagai media untuk berdagang. Dalam kegiatan bertransaksi pun saat ini dapat dilakukan dengan mudah,  pembeli dan penjual tidak harus bertranskasi dengan cara bertemu langsung, mereka dapat mentransfer uang ke penjual, kemudian penjual mengirimkan barang melalui jasa pengiriman barang.

3. Pemerintahan
           
Dalam bidang pemerintahan, teknologi berguna untuk meningkatkan kerjasama antarnegara. Dibidang pemerintahan, peran teknologi dan komunikasi dikenal dengan istilah e-government.  Beberapa pemerintahan, baik pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten telah menggunakan teknologi e-government. Pada e-government pemerintah dapat memberikan berita dan informasi tentang daerah pemerintahannya, supaya orang dapat mendapatkan berita dan informasi tentang daerah yang ingin diakses. Pada website pemerintahan tersebut, pemerintah dapat memberikan tentang potensi yang dimiliki oleh daerah tersebut, baik dari kebudayaan, kekayaan alam, serta pariwisatannya.

4. Pertahanan
Peranan teknolog pada bidang Pertahanan pada sebuah negara saat ini bukanlah hanya dengan pertahanan yang kasat mata atau bisa dilihat oleh masyarakat umum. Namun pada saat ini pertahanan sudah biasa menggunakan bidang teknologi informasi, khususnya internet dan pertahanan untuk menjaga data simpanan pribadi. Dalam internet biasa terjadi peretaasan pada sebuah situs atau website, penyebaran malware untuk merusak sebuah sistem data, ataupun merusak sistem sebuah device meskipun pada jarak yang jauh sekalipun. Maka dari itu dibutuhkan pertahanan berbasis TI yang berfungsi melindungi sistem seperti website pemerintah yang biasa dirusak oleh peretas, ataupun melindunginya dari penyebaran malware atau virus. Singkatnya, pertahanan dalam bidang teknologi informasi dibutuhkan untuk menghindari perbuatan kejahatan kriminal Teknologi atau cyber crime
 
5.T
ransportasi
 Dalam kegiatan bidang transportasi sangat berkaitan dengan penggunaan teknologi informasi yang sudah sangat berkembang di era modern ini. Sebagian besar alat transportasi menggunakan teknologi ini, dari mulai lampu merah yang diatur dengan komputer hingga alat yang digunakan oleh astronot.
Pada transportasi laut, kapal laut menggunaka TI sebagai alat navigasi yang sangat
Berguna bagi kapal untuk menentukan arah dan tujuan kapal, kemudian pada kendaraan di daratan, sebagia mobil menggunakan Global Positioning System atau GPS sebagai alat yang terhubung ke satelit yang berguna juga sebagai petunjuk jalan, bahkan pada saat ini teknologi sensor pun diterapkan di beberapa mobil dan motor yang berfungsi untuk mengendalikan rem secara otomatis dan mematikan atau menghidupkan mesin kendaraan.
            Pada transportasi udara, pada sistem kendali pilot dan co-pilot semua alat pengendalinya menggunakan sistem teknologi informasi yang berguna untuk mengendalikan pesawat, memberikan berita kepada para penumpang, dan sistem pilot otomatis. Dan pada bandara berfungsi untuk membantu sebuah pesawat ketika akan melakukan take-off dan pendaratan pada landasan udara.
            Dan yang terbaru, NASA mengirimkan pesawat tanpa awak dan mengirimkan robot ekspedisi untuk ekspedisi mars, dan semua itu tidak lepas dari penggunaan teknologi yang saat ini semakin berkembang ke arah yang lebih baik lagi.
  
6. Pencegahan Kejahatan
            Pencegahan kejahatan di Indonesia termasuk sudah sangatlah sulit, Penyebabbnya adalah pengawasan dan penegasan hukum yang kurang baik membuat para pelaku kejahatan terus bertambah, pengangguran yang terus meningkat.Oleh sebab itu teknologi informasi harus diaplikasikan dalam bidang ini. Salah satunya ialah memasang Closed Circuit Television atau biasa disebut cctv disudut-sudut serta di keramaian kota dan juga tempat-tempat rawan kejahatan. Dengan demikian, kejahatan yang biasa terjadi ditempat-tempat rawan kejahatan mungkin berkurang karena para pelaku dapat dengan mudah terpantau dan tertangap oleh kamera cctv yang langsung terhubung ke server pusat.

7. Pencegahan Tindakan Korupsi
            Dalam  hal ini Kejaksaan, kepolisian republik Indonesia, dan Komisi Pemberantasan Korupsis menggunakan teknologi informasi dalam memperkuat pembuktian kasus korupsi, dan sama-sama diberi kewenangan melakukan penyadapan. Bagi kpk, penyadapan hanya dapat dilakukan setelah mendapat surat tugas dari pimpinan KPK.
            Penyadapan dilakukan berdasarkan kebutuhan akan penguat bukti dalam kegiatan penyelidikan. Penyelidikan itu dilakukan setelah pengumpulan data dan keterang didapati indikasi tindak pidana korupsi. Dengan demikian penyadapan bukanlah cara pertama untuk mendapatkan bukti adanya suatu tindak pidana korupsi.
8.  Kesehatan
            Fasilitas teknologi informasi juga sangat berperan penting pada bidang kesehatan. TI sangat bermanfaat untuk pengobatan jarak jauh. Sangat membantu dokter dan perawaat dalam mengawasi dan memonitor aloram darah, memonitor detak jantung, serta memeriksa  organ dalam pasien dengan X-ray atau sinar X. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan dapat pula menggantikan fungsi peran dari paru-paru, jantung, ginjal.
            Berikut ini merupakan  program yang digunakan dalam dunia kedokteran adalah sebagai berikut :
-  Sistem Computerized Axial Tomography
-  Sistem Dynamic Spatial Reconstructor
-  Sistem Komputer DNA

9.  Pendidikan
            Dalam bidang pendidikan, teknologi informasi sangat berguna untuk meningkatnkan mutu pendidikan di Indonesia, banyak situs pembelajaran online yang sangat bermanfaat bagi pengajar maupun bagi siswa, karena mereka dapat mengeksplor lebih jauh lagi tetang materi pembelajaran.  Salah satu metode yang digunakan adalah metode belajar jarak jauh atau biasa juga disebut dengan e-learning. Kita dapat berinteraksi timbal balik dengan guru kita tanpa harus bertemu secara face-to-face atau dengan bertatap muka. Para siswa dapat mengerjakan tugas yang diberikan melalui internet.
            Kemudian untuk menunjang media pembelajaran online, tersedia juga perpustakaan online. Kita dapat melihat seluruh isi perpustakaan tanpa harus mengunjungi perpustakaan. Cukup dengan mengunjungi perpustakaan, bahkan biasanya perpustakaan online menyediakan buku-buku referensi yang sangat lengkap. Sehingga kita dapat mengerjakan tugas melalui e-learning dan mencari materi di perpustakaan online. Kemudian dengan adanya teknologi informasi , kita juga tidak akan tertinggal oleh jaman, dimana pada saat ini peran teknologi sangat vital bagi dunia pedidikan.
10. Kebudayaan
            Peranan teknologi informasi pada bidang kebudayaan yaitu sebagai media promosi dari kebudayaan yang dimiliki oleh suaatu daerah atau negara. Indonesia sebagai negara yang kaya akan kebudayaan dan pariwisatanya, media internet sangat berguna sebagai salah satu media yang digunakan untuk mempromosikan kekayaan tersebut.
            Promosi kebudayaan yang dilaukan melalui media internet sangat berpengaruh besar atas naiknya jumlah wisatawan bagi suatu negara. Karena banyak calon pengunjung yang mengetahui kekayaan kebudayaan yang dimiliki oleh suatu negara dapat diketahui oleh seluruh calon pengunjung dari warga asing. Sehingga kebudayaan yang dimiliki oleh suatu negara dapat diketahui oleh seluruh warga dunia.

11.  Pemilihan Umum
            Pada bidang pemilihan umum, teknologi informasi sangat membantu para calon legislatif hingga calon presiden untuk mengenalkan diri mereka. Mereka memanfaatkan media teknologi informasi sebagai sarana untuk mempromosikan agar para penduduk yang memiliki hak suara mengetahui siapa yang nantinya akan dipilih. Dan untuk Komisi Pemilihan Umum, Penggunaan TI berguna untuk melakukan survey calon pemilik hak suara yang menggunakan hak suaranya dan yang tidak menggunakan suaranya (golput). Dan pada saat perhitungan suara, dilakukan pennghitungan cepat yang bersumber dari kpu daerah sebagai tempat pengumpulaan suara, kemudian dikiriman ke server KPU pusat melalui jaringan internet. Sehingga tidak perlu  menunggu lama untuk mengumpulkan hasil akhir dari penghitungan suara dan langssung disebarkan dan diberitahukan kepada  seluruh masyarakat Imdonesia.



PENUTUP


3.1 Kesimpulan
Peran teknologi informasi sangat penting bagi kehidupan saat ini. tanpa teknologi informasi manusia akan susah untuk mendapatkan informasi terbaru. Teknologi informasi memiliki berbagai macam bidang yang sangat penting dan menghasilkan berbagai macam keuntungan dan kerugian serta berdampak positif ataupun negatif.


Sumber :
http://kominfo.go.id/index.php/
http://www.stmikbb-aceh.ac.id/
http://ditjenpp.kemenkumham.go.id
http://www.diskominfo.nttprov.go.id/
http://www.zamrudtechnology.com/modules.php?name=Produk&op=detail_produk&id=7
http://www.artikeltik.com/peran-tik-dalam-dunia-medis.html
http://www.slideshare.net/HeruSutadi/eksistensi-kebudayaan-di-tengah-perkembangan-media-dan-teknologi-informasi-indonesia
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/01/manfaat-teknologi-informasi-dan-komunikasi-d-berbagai-bidang/
http://blog.politekniktelkom.ac.id/30212033/2012/06/13/menelah-manfaat-tik-dalam-berbagai-bidang/


http://juwitasari-unknown.blogspot.com/2012/07/manfaat-tik-dalm-berbagai-bidang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar